Laman

Rabu, 01 September 2010

Debu Sinabung

Medan - Letusan Gunung Sinabung menimbulkan abu vulkanik yang dirasakan di empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Abu vulkanik menyelimuti areal pertanian seluas 12 ribu hektar yang umumnya ditanamikentang, jeruk, kubis dan beragam jenis sayur-sayuran.

Kepala Dinas Pertanian Karo Nomi Sinuhaji menyatakan, kondisi pertanian yang berselimut abu vulkanik ini cukup mengkhawatirkan. Jika hujan tak turun dalam beberapa hari ini, alamat pertanian yang berada di empat kecamatan gagal panen, yakni di Kecamatan Naman Teran, Tiga Nderket, Payung dan Merdeka.

"Bencana letusan gunung ini menyebabkan terjadinya penurunan pasokan sayur hingga 50 persen, tetapi itu karena petani ikut mengungsi, sehingga tidak bisa memanen sayur, bukan karena tanamannya yang rusak," kata Nomi Sinuhaji kepada wartawan di Kabanjahe, Karo, Rabu (1/9/2010).

Berkaitan dengan abu vulkanik, Dinas Pertanian telah mengirimkan sampel abu vulkanik ke laboratorium untuk dilakukan analisis. Uji sampel ini untuk mengetahui apakah abu vulkanik itu membahayakan bagi tanaman, dan untuk mengetahui apakah tanaman yang terkena abu vulkanik aman untuk dikonsumsi.

http://www.detiknews.com/read/2010/09/01/154720/1432916/10/belasan-ribu-areal-pertanian-terancam-gagal-panen?991102605

Tidak ada komentar: